JURNAL BELAJAR
Hari : ..................... Pertemuan ke : …….
Nama : ……………………............ Tanggal : .............................
Nama Kegiatan Uraian
Kegiatan/aktivitas
1. Apa yang terjadi pada pembelajaran hari ini ?
2. Peran yang saya lakukan dalam proses pembelajaran hari ini
3. Tugas yang saya kerjakan hari ini
Refleksi dan analisis
1. Hal positif atau negatif yang saya rasakan tentang proses pembelajaran
2. Isu-isu/ pertanyaan yang muncul pada diri saya
Landasan pengetahuan dan pemahaman
1. Teori atau pengetahuan yang membantu memahami kegiatan pembelajaran
2. Sumber-sumber rujukan yang bermanfaat bagi kegiatan pembelajaran
Isu-isu untuk pengembangan dan belajar masa depan
1. Hal-hal yang perlu diketahui untuk pengetahuan dan penerapan di tempat tugas
Pesan utama
1. Hasil utama yang saya peroleh dari refleksi ini
JURNAL BELAJAR PESERTA DIDIK
Hari : ..................... Pertemuan ke : …….
Nama : ……………………............ Tanggal : .............................
Nama Kegiatan Uraian
Pengalaman belajar
Materi yang telah dipahami
Materi yang belum dipahami dengan menyebutkan alasan dan kendalanya
Usaha/cara untuk mengatasinya
Upaya pengayaan
JURNAL BELAJAR GURU
Hari : ..................... Pertemuan ke : …….
Nama : ……………………............ Tanggal : .............................
Nama Kegiatan Uraian
Pengalaman mengajar
Materi yang telah diajarkan
Materi yang sulit dipahami oleh guru dan atau sulit diajarkan oleh guru dengan menyebutkan alasan dan kendalanya
Usaha/ cara untuk mengatasinya
Upaya guru dalam pengayaan materi
Tabel 1.3: Format Klasifikasi Masalah Pembelajaran dalam Tiga Aspek
No Masalah pembelajaran yang teridentifikasi Termasuk Aspek Keterangan
Kurikulum Materi ajar Praktik Pengajaran
Tabel 1.4 Format Identifikasi Perbedaan dan Karakteristik Case Study Jenis1 dan 2
Jenis Penulis Tujuan Fokus
Case Study Proses Penelitian
Jenis 1: Case Study sebagai jenis penelitian
Jenis 2: Case Study sebagai alat pengembangan profesi guru peserta
Kegiatan 6: PENJELASAN TUGAS GENERIK 1
Tugas terstruktur:
1. Melaksanakan pembelajaran yang terencana dan mengobservasi pembelajaran di sekolahnya (dengan lembar observasi).
2. Setelah direfleksi dan memperhatikan masukan atau pendapat dari siswa atau observer yang lain, hasil observasi ditulis dalam bentuk Case Study (sebagai kegiatan belajar berikutnya)
3. Mencari bacaan berupa artikel ilmiah dalam jurnal, majalah ilmiah, atau laporan penelitian untuk bahan pelatihan menganalisis bacaan secara kritis.
Tugas Mandiri:
Membaca sumber belajar yang disarankan seperti berikut ini.
1) Untuk lebih jelasnya silahkan membaca sumber belajar “Hylite PTK” yang ada dalam kumpulan sumber belajar, atau buku PTK yang lain (Penelitian Tindakan Kelas oleh IGAK Wardani, 2007, Modul 1: Hakikat Penlitian Tindakan Kelas; Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru, oleh Herawati Susilo, dkk. 2008)
2) Makalah “Peranan Lesson Study dalam Meningkatkan Kompetensi Guru dan Kualitas Pembelajaran Sains SMP” oleh Ibrohim (dalam Kumpulan Sumber Belajar).
3) Makalah: Case Study Dalam Pembelajaran, oleh Mary dan Teuku Alamsyah Kumpulan Sumber Belajar).
LEMBAR OBSERVASI PEMBELAJARAN
Program – BERMUTU
Mata Pelajaran/Topik: /
Kelas/Sekolah: /
Nama Pengajar:
TAHAP/
ASPEK INDIKATOR HASIL OBSERVASI
KEGIATAN AWAL
Apersepsi dan motivasi
1. Apa yang dilakukan guru peserta untuk menggali pengetahuan awal atau memotivasi siswa?
2. Bagaimana respons siswa? Apakah siswa bertanya tentang sesuatu masalah terkait dengan apa yang disajikan guru peserta pada kegiatan awal?
KEGIATAN INTI
Materi ajar:
3. Apakah guru peserta memberikan penjelasan umum tentang materi ajar atau prosedur kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa?
4. Bagaimana keterkaitan antara pembelajaran dengan realita kehidupan, lingkungan dan pengetahuan lainnya?
Pengelolaan sumber belajar/media 5. Apakah guru peserta terampil dalam memanfaatkan dan mampu memanipulasi media pembelajaran?
6. Bagaimana interaksi siswa dengan sumber belajar/media?
Strategi pembelajaran 7. Apakah proses pembelajaran dilaksanakan dengan strategi yang sesuai secara lancar?
8. Apakah siswa dapat mengikuti alur kegiatan belajar?
9. Bagaimana cara guru peserta memberikan arahan yang mendorong siswa untuk bertanya, berpikir dan beraktivitas?
10. Apakah siswa aktif melakukan kegiatan fisik dan mental (berpikir)? Berapa banyak siswa yang aktif belajar?
KEGIATAN PENUTUP
Penguatan/
konsulidasi 11. Bagaimana cara guru peserta memberikan penguatan, dengan mereviu, merangkum atau menyimpulkan?
12. Apakah guru peserta memberi tugas rumah untuk remidi atau penguatan?
Evaluasi 13. Bagaimana cara guru peserta melakukan evaluasi pembelajaran?
14. Bagaimana ketuntasan belajar siswa?
KOMENTAR OBSERVER Keterlaksanaan skenario pembelajaran (berdasarkan RPP):
Pelajaran berharga yang dapat dipetik oleh observer:
Lain-lain:
……………………, …………………….200 ,
Observer,
(………………………………………………)
Jabatan/Posisi:
Minggu, 29 November 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar